RPP GEOGRAFI KELAS XI Materi Pokok Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Geografi
Kelas/Semester                    : XI/ Ganjil
Materi Pokok                       : Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
Alokasi Waktu                     : 5Minggu x 4 Jam Pelajaran @45Menit
A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| Kompetensi Dasar | Indikator | 
| 3.3    Menganalisis sebaran dan pengelolaan   sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata sesuai   prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan | ·   Menganalisis klasifikasi   sumber daya. ·   Menganalisis potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan,   danpariwisatadi indonesia. ·   Menjelaskan Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan. ·   Menganalisis pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | 
| 4.3    Membuat peta persebaran sumber daya   kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata di Indonesia | ·   Mengolah informasitentang   persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata   serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan  ·   Menyajikan   laporan hasil pengolahan informasitentang persebaran sumber daya kehutanan,   pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan dilengkapi peta | 
C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menganalisis klasifikasi sumber daya.
·         Menganalisis potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, danpariwisatadi indonesia.
·         Menjelaskan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
·         Menganalisis pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan
·         Mengolah informasitentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan 
·         Menyajikan laporan hasil pengolahan informasitentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan dilengkapi peta
D.      Materi Pembelajaran
Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
·     Klasifikasi sumber daya.
·     Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, danpariwisatadi Indonesia.
·     Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
·     Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan
E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran  : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.       Media Pembelajaran
Media : 
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus
G.      Sumber Belajar
·         Buku Geografi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
·         Buku refensi yang relevan, 
·         Lingkungan setempat
H.        Langkah-Langkah Pembelajaran
| 1. | Pertemuan   Ke-1 (4 x 45 Menit) | ||
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
| Guru   : | |||
| Orientasi | |||
| ●  | Melakukan   pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran | ||
| ●  | Memeriksa   kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | ||
| ●  | Menyiapkan   fisik dan psikis peserta didik  dalam   mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
| Aperpepsi | |||
| ●  | Mengaitkan   materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman   peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  | ||
| ●  | Mengingatkan   kembali materi prasyarat dengan bertanya.  | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
| Motivasi | |||
| ●  | Memberikan   gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam   kehidupan sehari-hari. | ||
| ●  | Apabila   materitema/projek ini kerjakan  dengan   baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik   diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  | |||
| ●  | Menyampaikan   tujuan pembelajaran pada pertemuan yang    berlangsung | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan | ||
| Pemberian   Acuan | |||
| ●  | Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada   pertemuan saat itu. | ||
| ●  | Memberitahukan   tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan   yang  berlangsung | ||
| ●  | Pembagian   kelompok belajar | ||
| ●  | Menjelaskan   mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar    sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
| Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
| Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik   materi Klasifikasi sumber daya dengan cara : | |||
| → | Melihat (tanpa atau dengan   Alat) | ||
|  | Menayangkan   gambar/foto/video yang relevan. | ||
| → | Mengamati | ||
| ● | Lembar   kerja materi Klasifikasi sumber daya | ||
| ● | Pemberian   contoh-contoh materi Klasifikasi sumber daya untuk dapat dikembangkan peserta   didik, dari media interaktif, dsb | ||
| → | Membaca. | ||
|  | Kegiatan   literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari   buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang   berhubungan dengan Klasifikasi sumber daya | ||
| → | Menulis | ||
|  | Menulis   resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Klasifikasi sumber daya | ||
| → | Mendengar | ||
|  | Pemberian   materi Klasifikasi sumber daya oleh guru. | ||
| → | Menyimak | ||
|  | Penjelasan   pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran   mengenai materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
|  | untuk   melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,   ketelitian, mencari informasi. | ||
| Problem    statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Guru   memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak   mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan   dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
| → | Mengajukan   pertanyaan  tentang materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| yang   tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan   informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual   sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan   kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk   pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  | |||
| Data    collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah   diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
| → | Mengamati   obyek/kejadian | ||
|  | Mengamati   dengan seksama materi Klasifikasi sumber daya yang sedang dipelajari dalam   bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba   menginterprestasikannya. | ||
| → | Membaca   sumber lain selain buku teks | ||
|  | Secara   disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai   referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman   tentang materi Klasifikasi sumber daya yang sedang dipelajari. | ||
| → | Aktivitas | ||
|  | Menyusun   daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan   mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi   Klasifikasi sumber daya yang sedang dipelajari. | ||
| → | Wawancara/tanya   jawab dengan nara sumber | ||
|  | Mengajukan   pertanyaan berkaiatan dengan materi Klasifikasi sumber daya yang telah   disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
|  |  | ||
| COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
| Peserta   didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
| → | Mendiskusikan | ||
|  | Peserta   didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai   materi Klasifikasi sumber daya | ||
| → | Mengumpulkan   informasi | ||
|  | Mencatat   semua informasi tentang materi Klasifikasi sumber daya yang telah diperoleh   pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia   yang baik dan benar. | ||
| → | Mempresentasikan   ulang | ||
|  | Peserta   didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa   percaya diri Klasifikasi sumber daya sesuai dengan pemahamannya. | ||
| → | Saling   tukar informasi tentang   materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| dengan   ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh   sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok   kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan   peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk   mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,   kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui   berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar   sepanjang hayat. | |||
| Data    processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara   : | |||
| → | Berdiskusi tentang data dari   Materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| → | Mengolah   informasi dari materi Klasifikasi sumber daya yang sudah dikumpulkan dari   hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan   kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan   pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
| → | Peserta   didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Klasifikasi sumber daya | ||
| Verification   (pembuktian)  | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya   dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
| → | Menambah   keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat   mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda   sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,   disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan   kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| antara   lain dengan  : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang   telah dikerjakan oleh peserta didik. | |||
| Generalization   (menarik kesimpulan)  | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| Peserta   didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
| → | Menyampaikan   hasil diskusi  tentang materi   Klasifikasi sumber daya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara   lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,   toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan   sopan. | ||
| → | Mempresentasikan   hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| → | Mengemukakan  pendapat    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Klasifikasi sumber daya dan ditanggapi oleh   kelompok yang mempresentasikan. | ||
| → | Bertanya   atas presentasi tentang materi    Klasifikasi sumber daya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi   kesempatan  untuk menjawabnya. | ||
|  |  | ||
| CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
| → | Menyimpulkan   tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru   dilakukan berupa :  | ||
|  | Laporan   hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : | ||
|  | Klasifikasi   sumber daya | ||
|  |  | ||
| → | Menjawab   pertanyaan tentang materi  Klasifikasi   sumber daya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja   yang telah disediakan. | ||
| → | Bertanya   tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan   kepada siswa berkaitan dengan materi    Klasifikasi sumber daya yang akan selesai dipelajari | ||
| → | Menyelesaikan   uji kompetensi untuk materi    Klasifikasi sumber daya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik   atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek   penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
| Catatan   : Selama pembelajaran  Klasifikasi   sumber daya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang   meliputi sikap: nasionalisme,    disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi   masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
| Peserta   didik : | |||
| ●  | Membuat   resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang   muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Klasifikasi sumber daya yang baru dilakukan. | ||
| ●  | Mengagendakan   pekerjaan rumah untuk materi pelajaran    Klasifikasi sumber daya yang baru diselesaikan. | ||
| ●  | Mengagendakan   materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus   mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
| Guru   : | |||
| ●  | Memeriksa   pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi   pelajaran  Klasifikasi sumber daya | ||
| ●  | Peserta   didik yang  selesai mengerjakan tugas   projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi   nomor urut peringkat,  untuk penilaian   tugas  | ||
| ●  | Memberikan   penghargaan untuk materi pelajaran    Klasifikasi sumber daya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan   kerjasama yang baik. | ||
| 2. | Pertemuan   Ke-2 (4 x 45 Menit) | ||
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
| Guru   : | |||
| Orientasi | |||
| ●  | Melakukan   pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran | ||
| ●  | Memeriksa   kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | ||
| ●  | Menyiapkan   fisik dan psikis peserta didik  dalam   mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
| Aperpepsi | |||
| ●  | Mengaitkan   materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman   peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  | ||
| ●  | Mengingatkan   kembali materi prasyarat dengan bertanya.  | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
| Motivasi | |||
| ●  | Memberikan   gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam   kehidupan sehari-hari. | ||
| ●  | Apabila   materitema/projek ini kerjakan  dengan   baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik   diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  | |||
| ●  | Menyampaikan   tujuan pembelajaran pada pertemuan yang    berlangsung | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan | ||
| Pemberian   Acuan | |||
| ●  | Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada   pertemuan saat itu. | ||
| ●  | Memberitahukan   tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan   yang  berlangsung | ||
| ●  | Pembagian   kelompok belajar | ||
| ●  | Menjelaskan   mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar    sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
| Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
| Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia dengan cara : | |||
| → | Melihat (tanpa atau dengan   Alat) | ||
|  | Menayangkan   gambar/foto/video yang relevan. | ||
| → | Mengamati | ||
| ● | Lembar   kerja materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia | ||
| ● | Pemberian   contoh-contoh materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media   interaktif, dsb | ||
| → | Membaca. | ||
|  | Kegiatan   literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari   buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang   berhubungan dengan Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia | ||
| → | Menulis | ||
|  | Menulis   resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
| → | Mendengar | ||
|  | Pemberian   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia oleh guru. | ||
| → | Menyimak | ||
|  | Penjelasan   pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran   mengenai materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
|  | untuk   melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,   ketelitian, mencari informasi. | ||
| Problem    statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Guru   memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak   mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan   dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
| → | Mengajukan   pertanyaan  tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| yang   tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan   informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual   sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan   kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk   pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  | |||
| Data    collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah   diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
| → | Mengamati   obyek/kejadian | ||
|  | Mengamati   dengan seksama materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia yang sedang dipelajari dalam bentuk   gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba   menginterprestasikannya. | ||
| → | Membaca   sumber lain selain buku teks | ||
|  | Secara   disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai   referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman   tentang materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia yang sedang dipelajari. | ||
| → | Aktivitas | ||
|  | Menyusun   daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan   mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi   Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia yang sedang dipelajari. | ||
| → | Wawancara/tanya   jawab dengan nara sumber | ||
|  | Mengajukan   pertanyaan berkaiatan dengan materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang telah disusun dalam daftar   pertanyaan kepada guru. | ||
|  |  | ||
| COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
| Peserta   didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
| → | Mendiskusikan | ||
|  | Peserta   didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia | ||
| → | Mengumpulkan   informasi | ||
|  | Mencatat   semua informasi tentang materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang telah diperoleh pada buku   catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik   dan benar. | ||
| → | Mempresentasikan   ulang | ||
|  | Peserta   didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa   percaya diri Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia sesuai dengan pemahamannya. | ||
| → | Saling   tukar informasi tentang   materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| dengan   ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh   sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok   kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan   peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk   mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,   kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui   berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar   sepanjang hayat. | |||
| Data    processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara   : | |||
| → | Berdiskusi tentang data dari   Materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Mengolah   informasi dari materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan   pertambangan di Indonesia yang sudah dikumpulkan dari hasil   kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan   kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan   pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
| → | Peserta   didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
| Verification   (pembuktian)  | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya   dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
| → | Menambah   keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat   mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda   sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,   disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan   kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| antara   lain dengan  : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang   telah dikerjakan oleh peserta didik. | |||
| Generalization   (menarik kesimpulan)  | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| Peserta   didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
| → | Menyampaikan   hasil diskusi  tentang materi Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia berupa   kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media   lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan   berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
| → | Mempresentasikan   hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Mengemukakan  pendapat    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kehutanan dan pertambangan di Indonesia dan ditanggapi oleh kelompok yang   mempresentasikan. | ||
| → | Bertanya   atas presentasi tentang materi  Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang   dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. | ||
|  |  | ||
| CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
| → | Menyimpulkan   tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru   dilakukan berupa :  | ||
|  | Laporan   hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Menjawab   pertanyaan tentang materi  Potensi dan   persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang   terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah   disediakan. | ||
| → | Bertanya   tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan   kepada siswa berkaitan dengan materi    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia yang akan selesai dipelajari | ||
| → | Menyelesaikan   uji kompetensi untuk materi  Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang   terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah   disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi   pelajaran. | ||
| Catatan   : Selama pembelajaran  Potensi dan   persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia   berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi   sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa   percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,   rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
| Peserta   didik : | |||
| ●  | Membuat   resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang   muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kehutanan dan pertambangan di Indonesia yang baru dilakukan. | ||
| ●  | Mengagendakan   pekerjaan rumah untuk materi pelajaran    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia yang baru diselesaikan. | ||
| ●  | Mengagendakan   materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus   mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
| Guru   : | |||
| ●  | Memeriksa   pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi   pelajaran  Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di Indonesia | ||
| ●  | Peserta   didik yang  selesai mengerjakan tugas   projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi   nomor urut peringkat,  untuk penilaian   tugas  | ||
| ●  | Memberikan   penghargaan untuk materi pelajaran    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan dan pertambangan di   Indonesia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
| 3. | Pertemuan   Ke-3 (4 x 45 Menit) | ||
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
| Guru   : | |||
| Orientasi | |||
| ●  | Melakukan   pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran | ||
| ●  | Memeriksa   kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | ||
| ●  | Menyiapkan   fisik dan psikis peserta didik  dalam   mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
| Aperpepsi | |||
| ●  | Mengaitkan   materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman   peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  | ||
| ●  | Mengingatkan   kembali materi prasyarat dengan bertanya.  | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
| Motivasi | |||
| ●  | Memberikan   gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam   kehidupan sehari-hari. | ||
| ●  | Apabila   materitema/projek ini kerjakan  dengan   baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik   diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  | |||
| ●  | Menyampaikan   tujuan pembelajaran pada pertemuan yang    berlangsung | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan | ||
| Pemberian   Acuan | |||
| ●  | Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada   pertemuan saat itu. | ||
| ●  | Memberitahukan   tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan   yang  berlangsung | ||
| ●  | Pembagian   kelompok belajar | ||
| ●  | Menjelaskan   mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar    sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
| Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
| Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia dengan cara : | |||
| → | Melihat (tanpa atau dengan   Alat) | ||
|  | Menayangkan   gambar/foto/video yang relevan. | ||
| → | Mengamati | ||
| ● | Lembar   kerja materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata   di Indonesia | ||
| ● | Pemberian   contoh-contoh materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan   pariwisata di Indonesia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media   interaktif, dsb | ||
| → | Membaca. | ||
|  | Kegiatan   literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari   buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang   berhubungan dengan Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan   pariwisata di Indonesia | ||
| → | Menulis | ||
|  | Menulis   resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
| → | Mendengar | ||
|  | Pemberian   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia oleh guru. | ||
| → | Menyimak | ||
|  | Penjelasan   pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran   mengenai materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
|  | untuk   melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,   ketelitian, mencari informasi. | ||
| Problem    statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Guru   memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak   mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan   dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
| → | Mengajukan   pertanyaan  tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| yang   tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan   informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual   sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan   kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk   pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  | |||
| Data    collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah   diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
| → | Mengamati   obyek/kejadian | ||
|  | Mengamati   dengan seksama materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan   pariwisata di Indonesia yang sedang dipelajari dalam bentuk   gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba   menginterprestasikannya. | ||
| → | Membaca   sumber lain selain buku teks | ||
|  | Secara   disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai   referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman   tentang materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata   di Indonesia yang sedang dipelajari. | ||
| → | Aktivitas | ||
|  | Menyusun   daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan   mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi   Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia   yang sedang dipelajari. | ||
| → | Wawancara/tanya   jawab dengan nara sumber | ||
|  | Mengajukan   pertanyaan berkaiatan dengan materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kelautan dan pariwisata di Indonesia yang telah disusun dalam daftar   pertanyaan kepada guru. | ||
|  |  | ||
| COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
| Peserta   didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
| → | Mendiskusikan | ||
|  | Peserta   didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai   materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia | ||
| → | Mengumpulkan   informasi | ||
|  | Mencatat   semua informasi tentang materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kelautan dan pariwisata di Indonesia yang telah diperoleh pada buku catatan   dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan   benar. | ||
| → | Mempresentasikan   ulang | ||
|  | Peserta   didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa   percaya diri Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata   di Indonesia sesuai dengan pemahamannya. | ||
| → | Saling   tukar informasi tentang   materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| dengan   ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh   sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok   kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan   peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk   mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,   kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui   berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar   sepanjang hayat. | |||
| Data    processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara   : | |||
| → | Berdiskusi tentang data dari   Materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Mengolah   informasi dari materi Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan   pariwisata di Indonesia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan   sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan   informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada   lembar kerja. | ||
| → | Peserta   didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
| Verification   (pembuktian)  | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya   dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
| → | Menambah   keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari   solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada   yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat   aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir   induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| antara   lain dengan  : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang   telah dikerjakan oleh peserta didik. | |||
| Generalization   (menarik kesimpulan)  | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| Peserta   didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
| → | Menyampaikan   hasil diskusi  tentang materi Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia berupa   kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media   lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir   sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
| → | Mempresentasikan   hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Mengemukakan  pendapat    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kelautan dan pariwisata di Indonesia dan ditanggapi oleh kelompok yang   mempresentasikan. | ||
| → | Bertanya   atas presentasi tentang materi  Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia yang   dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. | ||
|  |  | ||
| CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
| → | Menyimpulkan   tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru   dilakukan berupa :  | ||
|  | Laporan   hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : | ||
|  | Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
|  |  | ||
| → | Menjawab   pertanyaan tentang materi  Potensi dan   persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia yang terdapat   pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
| → | Bertanya   tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan   kepada siswa berkaitan dengan materi    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia yang akan selesai dipelajari | ||
| → | Menyelesaikan   uji kompetensi untuk materi  Potensi   dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia yang   terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah   disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi   pelajaran. | ||
| Catatan   : Selama pembelajaran  Potensi dan   persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia berlangsung,   guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:   nasionalisme,  disiplin, rasa percaya   diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin   tahu, peduli lingkungan | |||
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
| Peserta   didik : | |||
| ●  | Membuat   resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang   muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Potensi dan persebaran sumberdaya alam   kelautan dan pariwisata di Indonesia yang baru dilakukan. | ||
| ●  | Mengagendakan   pekerjaan rumah untuk materi pelajaran    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia yang baru diselesaikan. | ||
| ●  | Mengagendakan   materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus   mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
| Guru   : | |||
| ●  | Memeriksa   pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi   pelajaran  Potensi dan persebaran   sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di Indonesia | ||
| ●  | Peserta   didik yang  selesai mengerjakan tugas   projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi   nomor urut peringkat,  untuk penilaian   tugas  | ||
| ●  | Memberikan   penghargaan untuk materi pelajaran    Potensi dan persebaran sumberdaya alam kelautan dan pariwisata di   Indonesia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
| 4. | Pertemuan   Ke-4 (4 x 45 Menit) | ||
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
| Guru   : | |||
| Orientasi | |||
| ●  | Melakukan   pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran | ||
| ●  | Memeriksa   kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | ||
| ●  | Menyiapkan   fisik dan psikis peserta didik  dalam   mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
| Aperpepsi | |||
| ●  | Mengaitkan   materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman   peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  | ||
| ●  | Mengingatkan   kembali materi prasyarat dengan bertanya.  | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
| Motivasi | |||
| ●  | Memberikan   gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam   kehidupan sehari-hari. | ||
| ●  | Apabila   materitema/projek ini kerjakan  dengan   baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik   diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  | |||
| ●  | Menyampaikan   tujuan pembelajaran pada pertemuan yang    berlangsung | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan | ||
| Pemberian   Acuan | |||
| ●  | Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada   pertemuan saat itu. | ||
| ●  | Memberitahukan   tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan   yang  berlangsung | ||
| ●  | Pembagian   kelompok belajar | ||
| ●  | Menjelaskan   mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar    sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
| Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
| Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik   materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan dengan   cara : | |||
| → | Melihat (tanpa atau dengan   Alat) | ||
|  | Menayangkan   gambar/foto/video yang relevan. | ||
| → | Mengamati | ||
| ● | Lembar   kerja materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
| ● | Pemberian   contoh-contoh materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam   pembangunan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb | ||
| → | Membaca. | ||
|  | Kegiatan   literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari   buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang   berhubungan dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam   pembangunan | ||
| → | Menulis | ||
|  | Menulis   resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Analisis Mengenai Dampak   Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
| → | Mendengar | ||
|  | Pemberian   materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan oleh   guru. | ||
| → | Menyimak | ||
|  | Penjelasan   pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran   mengenai materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
|  | untuk   melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,   ketelitian, mencari informasi. | ||
| Problem    statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Guru   memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak   mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan   dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
| → | Mengajukan   pertanyaan  tentang materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| yang   tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan   informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual   sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan   kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk   pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  | |||
| Data    collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah   diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
| → | Mengamati   obyek/kejadian | ||
|  | Mengamati   dengan seksama materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam   pembangunan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi   yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
| → | Membaca   sumber lain selain buku teks | ||
|  | Secara   disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai   referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman   tentang materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan   yang sedang dipelajari. | ||
| → | Aktivitas | ||
|  | Menyusun   daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan   mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi   Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang sedang   dipelajari. | ||
| → | Wawancara/tanya   jawab dengan nara sumber | ||
|  | Mengajukan   pertanyaan berkaiatan dengan materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan   (AMDAL) dalam pembangunan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada   guru. | ||
|  |  | ||
| COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
| Peserta   didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
| → | Mendiskusikan | ||
|  | Peserta   didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai   materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
| → | Mengumpulkan   informasi | ||
|  | Mencatat   semua informasi tentang materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)   dalam pembangunan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang   rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
| → | Mempresentasikan   ulang | ||
|  | Peserta   didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa   percaya diri Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan   sesuai dengan pemahamannya. | ||
| → | Saling   tukar informasi tentang   materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| dengan   ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh   sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok   kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan   peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk   mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,   kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui   berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar   sepanjang hayat. | |||
| Data    processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara   : | |||
| → | Berdiskusi tentang data dari   Materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| → | Mengolah   informasi dari materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam   pembangunan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya   mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi   yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar   kerja. | ||
| → | Peserta   didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Analisis Mengenai Dampak   Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
| Verification   (pembuktian)  | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya   dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
| → | Menambah   keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat   mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda   sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,   disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan   kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| antara   lain dengan  : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang   telah dikerjakan oleh peserta didik. | |||
| Generalization   (menarik kesimpulan)  | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| Peserta   didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
| → | Menyampaikan   hasil diskusi  tentang materi Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan berupa kesimpulan   berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk   mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,   mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
| → | Mempresentasikan   hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| → | Mengemukakan  pendapat    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)   dalam pembangunan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
| → | Bertanya   atas presentasi tentang materi    Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang   dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. | ||
|  |  | ||
| CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
| → | Menyimpulkan   tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru   dilakukan berupa :  | ||
|  | Laporan   hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : | ||
|  | Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
|  |  | ||
| → | Menjawab   pertanyaan tentang materi  Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang terdapat pada buku   pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
| → | Bertanya   tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan   kepada siswa berkaitan dengan materi    Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang   akan selesai dipelajari | ||
| → | Menyelesaikan   uji kompetensi untuk materi  Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang terdapat pada buku   pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara   individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
| Catatan   : Selama pembelajaran  Analisis   Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan berlangsung, guru   mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:   nasionalisme,  disiplin, rasa percaya   diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin   tahu, peduli lingkungan | |||
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
| Peserta   didik : | |||
| ●  | Membuat   resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang   muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)   dalam pembangunan yang baru dilakukan. | ||
| ●  | Mengagendakan   pekerjaan rumah untuk materi pelajaran    Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan yang   baru diselesaikan. | ||
| ●  | Mengagendakan   materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus   mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
| Guru   : | |||
| ●  | Memeriksa   pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi   pelajaran  Analisis Mengenai Dampak   Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan | ||
| ●  | Peserta   didik yang  selesai mengerjakan tugas   projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi   nomor urut peringkat,  untuk penilaian   tugas  | ||
| ●  | Memberikan   penghargaan untuk materi pelajaran    Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan kepada   kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
| 5. | Pertemuan   Ke-5 (4 x 45 Menit) | ||
| Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
| Guru   : | |||
| Orientasi | |||
| ●  | Melakukan   pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran | ||
| ●  | Memeriksa   kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | ||
| ●  | Menyiapkan   fisik dan psikis peserta didik  dalam   mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
| Aperpepsi | |||
| ●  | Mengaitkan   materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman   peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  | ||
| ●  | Mengingatkan   kembali materi prasyarat dengan bertanya.  | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
| Motivasi | |||
| ●  | Memberikan   gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam   kehidupan sehari-hari. | ||
| ●  | Apabila   materitema/projek ini kerjakan  dengan   baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik   diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  | |||
| ●  | Menyampaikan   tujuan pembelajaran pada pertemuan yang    berlangsung | ||
| ●  | Mengajukan   pertanyaan | ||
| Pemberian   Acuan | |||
| ●  | Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada   pertemuan saat itu. | ||
| ●  | Memberitahukan   tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan   yang  berlangsung | ||
| ●  | Pembagian   kelompok belajar | ||
| ●  | Menjelaskan   mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar    sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
| Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
| Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik   materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan dengan cara : | |||
| → | Melihat (tanpa atau dengan   Alat) | ||
|  | Menayangkan   gambar/foto/video yang relevan. | ||
| → | Mengamati | ||
| ● | Lembar   kerja materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan | ||
| ● | Pemberian   contoh-contoh materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan untuk dapat dikembangkan peserta   didik, dari media interaktif, dsb | ||
| → | Membaca. | ||
|  | Kegiatan   literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari   buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang   berhubungan dengan Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan | ||
| → | Menulis | ||
|  | Menulis   resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pemanfaatan sumberdaya alam   dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
| → | Mendengar | ||
|  | Pemberian   materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan oleh guru. | ||
| → | Menyimak | ||
|  | Penjelasan   pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran   mengenai materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
|  | untuk   melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,   ketelitian, mencari informasi. | ||
| Problem    statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Guru   memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak   mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan   dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
| → | Mengajukan   pertanyaan  tentang materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| yang   tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan   informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual   sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan   kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk   pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  | |||
| Data    collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
| Peserta   didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah   diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
| → | Mengamati   obyek/kejadian | ||
|  | Mengamati   dengan seksama materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide   presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
| → | Membaca   sumber lain selain buku teks | ||
|  | Secara   disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai   referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman   tentang materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang sedang dipelajari. | ||
| → | Aktivitas | ||
|  | Menyusun   daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan   mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi   Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan   yang sedang dipelajari. | ||
| → | Wawancara/tanya   jawab dengan nara sumber | ||
|  | Mengajukan   pertanyaan berkaiatan dengan materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan yang telah disusun dalam daftar   pertanyaan kepada guru. | ||
|  |  | ||
| COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
| Peserta   didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
| → | Mendiskusikan | ||
|  | Peserta   didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai   materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
| → | Mengumpulkan   informasi | ||
|  | Mencatat   semua informasi tentang materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan yang telah diperoleh pada buku   catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik   dan benar. | ||
| → | Mempresentasikan   ulang | ||
|  | Peserta   didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa   percaya diri Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan sesuai dengan pemahamannya. | ||
| → | Saling   tukar informasi tentang   materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| dengan   ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh   sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok   kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan   peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk   mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,   kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui   berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar   sepanjang hayat. | |||
| Data    processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara   : | |||
| → | Berdiskusi tentang data dari   Materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| → | Mengolah   informasi dari materi Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan yang sudah dikumpulkan dari hasil   kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan   kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan   pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
| → | Peserta   didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pemanfaatan sumberdaya alam   dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
| Verification   (pembuktian)  | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| Peserta   didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya   dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
| → | Menambah   keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari   solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada   yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat   aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir   induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| antara   lain dengan  : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang   telah dikerjakan oleh peserta didik. | |||
| Generalization   (menarik kesimpulan)  | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| Peserta   didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
| → | Menyampaikan   hasil diskusi  tentang materi   Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan   berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau   media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan   berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
| → | Mempresentasikan   hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| → | Mengemukakan  pendapat    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pemanfaatan sumberdaya alam dengan   prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan dan ditanggapi oleh kelompok yang   mempresentasikan. | ||
| → | Bertanya   atas presentasi tentang materi    Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. | ||
|  |  | ||
| CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
| → | Menyimpulkan   tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru   dilakukan berupa :  | ||
|  | Laporan   hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : | ||
|  | Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
|  |  | ||
| → | Menjawab   pertanyaan tentang materi  Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan yang terdapat   pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
| → | Bertanya   tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan   kepada siswa berkaitan dengan materi    Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang akan selesai dipelajari | ||
| → | Menyelesaikan   uji kompetensi untuk materi    Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar   lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa   terhadap materi pelajaran. | ||
| Catatan   : Selama pembelajaran  Pemanfaatan   sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan berlangsung,   guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:   nasionalisme,  disiplin, rasa percaya   diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin   tahu, peduli lingkungan | |||
| Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
| Peserta   didik : | |||
| ●  | Membuat   resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang   muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang baru dilakukan. | ||
| ●  | Mengagendakan   pekerjaan rumah untuk materi pelajaran    Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan yang baru diselesaikan. | ||
| ●  | Mengagendakan   materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus   mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
| Guru   : | |||
| ●  | Memeriksa   pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi   pelajaran  Pemanfaatan sumberdaya alam   dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan | ||
| ●  | Peserta   didik yang  selesai mengerjakan tugas   projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi   nomor urut peringkat,  untuk penilaian   tugas  | ||
| ●  | Memberikan   penghargaan untuk materi pelajaran    Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan   berkelanjutan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
1.       Teknik Penilaian (terlampir)
a.     Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
| No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
| BS | JJ | TJ | DS | |||||
| 1 | Soenarto | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C | 
| 2 |  | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | 
Keterangan :
•    BS : Bekerja Sama
•    JJ : Jujur
•    TJ : Tanggun Jawab
•    DS : Disiplin
Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100     = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Cukup
25        = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
| No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | 
| 1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan   ide/gagasan. | 50 |  | 250 | 62,50 | C | 
| 2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota   mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |  | 50 | |||
| 3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan   hasil diskusi kelompok. | 50 |  | |||
| 4 | ... | 100 |  | 
Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati       : ...
Pengamat                         : ...
| No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | 
| 1 | Mau menerima pendapat teman. | 100 |  | 450 | 90,00 | SB | 
| 2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |  | |||
| 3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota   kelompok. |  | 100 | |||
| 4 | Marah saat diberi kritik. | 100 |  | |||
| 5 | ... |  | 50 | 
Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.     Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
| No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
| 25 | 50 | 75 | 100 | |||||
| 1 | Intonasi |  |  |  |  |  |  |  | 
| 2 | Pelafalan |  |  |  |  | |||
| 3 | Kelancaran |  |  |  |  | |||
| 4 | Ekspresi |  |  |  |  | |||
| 5 | Penampilan |  |  |  |  | |||
| 6 | Gestur |  |  |  |  | |||
-        Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.   Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.     Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
| No | Aspek yang Dinilai | Sangat  Baik  (100) | Baik  (75) | Kurang  Baik  (50) | Tidak  Baik  (25) | 
| 1 | Kesesuaian respon   dengan pertanyaan |  |  |  |  | 
| 2 | Keserasian pemilihan   kata |  |  |  |  | 
| 3 | Kesesuaian penggunaan   tata bahasa |  |  |  |  | 
| 4 | Pelafalan |  |  |  |  | 
Kriteria penilaian (skor)
100        = Sangat Baik
75           = Baik
50           = Kurang Baik
25           = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
| No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 | 
| 1 | Penguasaan materi diskusi |  |  |  |  | 
| 2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |  |  |  |  | 
| 3 | Kemampuan mengolah kata |  |  |  |  | 
| 4 | Kemampuan menyelesaikan masalah |  |  |  |  | 
Keterangan :
100        = Sangat Baik
75           = Baik
50           = Kurang Baik
25           = Tidak Baik
-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
| No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 | 
| 1 |  |  |  |  |  | 
| 2 |  |  |  |  |  | 
| 3 |  |  |  |  |  | 
| 4 |  |  |  |  |  | 
2.       Instrumen Penilaian (terlampir)
a.     Pertemuan Pertama
b.     Pertemuan Kedua
c.     Pertemuan Ketiga
3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)       Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)       Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3)       Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah                                        :  ……………………………………………..
Kelas/Semester                           :  ……………………………………………..
Mata Pelajaran                          :  ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke                    :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian          :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian           :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian             :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)                          :  ……………………………………………..
KKM                                             :  ……………………………………………..
| No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan | 
| 1 |  |  |  |  |  |  | 
| 2 |  |  |  |  |  |  | 
| 3 |  |  |  |  |  |  | 
| 4 |  |  |  |  |  |  | 
| 5 |  |  |  |  |  |  | 
| 6 |  |  |  |  |  |  | 
| dst |  |  |  |  |  |  | 
b.       Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)       Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. 
2)       Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)       Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4)       Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
                                                                                                                                    ……………
Mengetahui 
Kepala SMAN ………….                                                       Guru Mata Pelajaran
……………………………………                                        …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                  NIP/NRK. 
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 
